Asimo Honda

Januari 1, 2010 at 1:34 pm (Uncategorized)

Robot hasil ciptaan para tim teknisi Honda, Asimo, kini semakin mirip dengan manusia. Selain mampu berjalan dan berlari, Asimo mampu menjadi asisten manusia. Bahkan membantu perawat rumah sakit membawakan obat pasien.

Tangan ringan Asimo kali ini cukup berguna bagi para perawat di Rumah Sakit Gading Pluit. Robot dengan tinggi 130 sentimeter dan berat 54 kilogram ini mampu membuat para perawat dan pasien di rumah sakit tersebut terkesima.

Selain mampu memegang benda dan berjalan, robot Honda yang memiliki nama panjang Advanced Step in Inovative Mobility (Asimo) ini memiliki kemampuan berkomunikasi dan mengenali objek serta lingkungan secara otomatis. Bahkan Asimo mampu menyapa dan mengubah arah secara otomatis untuk menghindari halangan di depannya.

Dalam hal menggerakkan kaki, Asimo tidak hanya mampu berjalan maju, mundur serta naik atau turun tapi Ia juga bisa bergerak dalam pola lingkaran dan berlari dengan kecepatan 6 kilometer per jam serta kemampuan berjalan dengan kecepatan 2,7 kilometer per jam. Sedangkan perilaku komunikasi jarak jauh yang dilakukannya, dimungkinkan berkat adanya teknologi Integrated Circuit Card (kartu IC). Kartu ini bisa menyimpan data pemegang kartu dan berinteraksi dengan sistem sensor Asimo sehingga robot putih itu mampu mengenali informasi penting manusia termasuk nama dan gelar mereka.

Selain kemampuan untuk mendeteksi dan mengenali benda-benda diam dan bergerak serta membawa benda, Asimo kini mampu menuntun kereta belanja. Berkat sistem sensor tegangan pada pergelangan tangannya, Asimo dapat menyesuaikan kekuatan dorong kedua lengannya dan menjaga jarak standar dari benda yang dibawanya. Sedangkan berdasarkan informasi dari penggabungan fungsi kamera yang ada di kepalanya dan sistem sensor tegangan di pergelangan tangannya, memungkinkan ia memberi dan menerima sebuah benda. Bahkan dengan teknologi sensor tegangan, Asimo juga dapat memegang tangan manusia untuk memandu jalan mereka atau jalan bergandengan tangan dengan manusia.

Asimo sendiri dilahirkan pada 31 Oktober 2000 dari hasil program R&D robotik Honda yang didirikan pada 1986. Tim Honda sendiri saat ini masih cermat mengamati bagaimana hewan serta manusia berjalan untuk mengembangkan dan menciptakan robot humanoid. Pada kurun 14 tahun terakhir Honda telah mengembangkan 7 buah robot eksperimen dan tiga buah robot prototipe.

Saat ini Asimo telah menjadi asisten resmi pada kantor Honda di Jepang. Tanggung jawab Asimo termasuk menyapa, berjalan ke arah tamu dan mengantar tamu menuju ruang miting, sekaligus menyedikan minuman dan makanan untuk tamu.

“Peragaan Asimo di RS Gading diprediksi sebagai yang pertama kali di Indonesia. Di sini Asimo menunjukkan perannya sebagai sahabat yang lebih humanis,” ujar Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor Yukihiro Aoshima di sela aksi Asimo di RS Gading Pluit, Jakarta

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: